Kriuk, Keripik Biji Karet IPB

 On Kamis, 04 Februari 2016  


Siapa yang tidak suka dengan keripik? Makanan yang biasanya terbuat dari singkong ini digemari oleh banyak orang yang ada di Indonesia terutama ketika sedang bermain game, menonton sepak bola atau sedang menikmati waktu luang bersama dengan teman atau keluarga Anda sambil menonton film bersama. Akan tetapi, di tangan mahasiswa dari IPB (Institut Pertanian Bogor), keripik dapat dibuat dari bahan lain yang sama sekali tidak dapat diprediksi.

Pada tahun 2012, mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang tergabung di dalam PKMP atau program kreativitas Mahasiswa bidang penelitian berhasil mengubah biji karet menjadi keripik yang sehat dan bergizi. Biji karet yang biasanya dipergunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam barang tersebut, ternyata memiliki protein yang cukup tinggi yaitu sebanyak 23%. Selain protein, menurut Ahmad Mupahir yang merupakan ketua PKMB di IPB, bahwa biji karet tersebut mengandung asam amino yang baik untuk tubuh.

Pemilihan biji karet dipergunakan sebagai bahan utama untuk membuat singkong selain dengan menggunakan singkong dan pisang untuk keripik adalah karena PKMB ingin menciptakan terobosan baru yang memanfaatkan hasil alam yang sering dianggap sebagai limbah. Dari inovasi ini, tim berharap jika hal ini dapat diaplikasikan dan membantu masalah kemiskinan serta gizi buruk. Tim yang terdiri dari Dede Permana, Jun Harbi, Ratih Kemala Dewi dan Pipin Urip Kurniasi tersebut menciptakan keripik tanpa melalui proses yang sulit.

Proses yang dilakukan oleh para mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) yang tergabung dalam PKMB untuk mengubah biji karet menjadi keripik yaitu :
  • Pilih biji karet yang putih dan bersihkan getahnya agar hilang.
  • Rendam bahan tersebut sehingga racun yang terkandung di dalamnya hilang.
  • Setelah direndam, siapkan alat untuk merebus dan lakukan perebusan selama 30 menit agar steril.
  • Setelah direbus lalu dengan menggunakan mesin penggiling, hancurkan biji karet.
  • Beri bumbu dan pipihkan biji karet yang telah di hancurkan.
  • Pipihkan hingga berbentuk lembaran.
  • Potong seperti bentuk keripik.
  • Goreng.
  • Angkat dan beri penyedap.
Kriuk, Keripik Biji Karet IPB 4.5 5 Unknown Kamis, 04 Februari 2016 Siapa yang tidak suka dengan keripik? Makanan yang biasanya terbuat dari singkong ini digemari oleh banyak orang yang ada di Indo...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar