Cara tepat dalam manajemen keuangan keluarga

 On Senin, 04 Januari 2016  


keuangan keluarga

Melakukan manajemen keuangan keluarga tentunya lebih sulit ketimbang dengan melakukan manajamen keuangan pribadi. Tetapi kegiatan pengaturan keuangan tersebut sangat berpengaruh besar dalam keluarga, terutama dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Walaupun penghasilan keluarga terbilang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga setiap bulannya, tetapi pada kenyataannya juga banyak yang mengeluhkan masalah keuangan pada tanggal-tanggal tua atau ketika menginjak akhir bulan. Ini terjadi karena salahnya dalam melakukan cara manajemen keuangan keluarga. Oleh karena itu, berikut adalah cara yang tepat dalam melakukan kegiatan yang sangat penting tersebut.
  1. Pahami keadaan atau kondisi keuangan keluarga anda.
Pastikan anda mengetahui hal yang berkaitan dengan pengeluaran keluarga anda seperti biaya tagihan listrik, telepon, internet, isi tabungan,  cicilan-cicilan, pajak dan biaya-biaya ataupun kebutuhan lainnya.
  1. Buat rencana keuangan.
Pembuatan hal tersebut  sangat membantu anda dalam menyikapi pengeluaran yang tidak terkontrol alias berlebihan dengan lebih obyektif. Pastikan di dalam rencana keuangan itu meliputi semua kebutuhan keluarga dan pribadi. Ingat memanjakan diri juga sangat diperlukan.
  1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
Banyak sekali orang yang membelanjakan uang hanya untuk mencukupi keinginannya bukan untuk mencukupi kebutuhan yang lebih penting. Hal ini justru membuat keuangan menjadi tidak terkendali dan akhirnya keuangan anda kurang dalam mencukupi kebutuhan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa membuat daftar keinginan dan kebutuhan tetapi pastikan anda mencukupi kebutuhan terlebih dahulu
  1. Hindari hutang.
Sekarang ini perilaku hidup konsumtif sudah amat menjamur. Ini dikarenakan banyak penjual yang menawarkan sistem kredit, tetapi sebaiknya anda menghindari hal ini karena justru menjadi bumerang bagi kestabilan keuangan anda.
  1. Buat dan tetapkan tujuan finansial.
Ini sangat penting karena terdiri dari kebutuhan yang sangat penting seperti untuk menyekolahkan anda hingga sarjana, memiliki rumah  idaman dan banyak yang lainnya.
  1. Menabung secara rutin.
Biasanya orang akan menyepelekan hal ini karena pola pikir yang salah. Kebanyakan orang berpikiran uang tabungan diperoleh dari sisa gaji di akhir bulan, tetapi ujung-ujungnya uang tersebut habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk menabung   hanya menjadi angin lalu.
Itulah cara yang tepat dalam mengatur keuangan keluarga anda. Jika anda merasa tidak sanggup dalam mengatur keuangan yang baik maka percayakan kepada Futuready.


Baca Artikel Lainnya :
Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini 
Cara tepat dalam manajemen keuangan keluarga 4.5 5 Unknown Senin, 04 Januari 2016 Melakukan manajemen keuangan keluarga tentunya lebih sulit ketimbang dengan melakukan manajamen keuangan pribadi. Tetapi kegiatan pen...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar